Bawang putih dikenal manfaatnya mulai dari penjaga daya tahan tubuh hingga obat awet muda. Bagaimana dengan manfaat daun bawang? Ternyata daun bawang juga memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat menurunkan gula darah.

Tanaman yang ditanam di Cina sejak 5000 tahun yang lalu ini memiliki kombinasi manfaat antara bawang dan sayuran. Daun bawang merupakan sumber vitamin A, K dan vitamin C.

Daun bawang memiliki aroma yang sama dengan bawang-bawangan. Ujung akarnya bulat panjang dan bagian ujungnya meruncing. Warna batang bagian bawahnya putih dan daunnya berwarna hijau tua. Daun yang masih muda dan batang semu yang berwarna putih itulah yang bisa dikonsumsi. Bukan rahasia lagi, daun bawang biasa ditambahkan di berbagai hidangan untuk semakin memepercantik dan memperlezat rasa makanan. Dalam dunia kuliner, daun bawang sering dijumpai bersama martabak, atau bumbu tabur. Selain bisa membuat makanan tampak terlihat lebih cantik, daun bawang kaya vitamin dan mineral yang membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun bawang dapat menurunkan tingkat gula darah. ‘Daun sakti’ yang satu ini juga bisa membantu pencernaan tubuh. Bagi anda yang sedang mengalami gejala flu, daun bawang bisa membantu menyembuhkan. Daun bawang juga memperlancar sirkulasi darah.

Tanaman yang memiliki nama latin Allium Fistulosum ini memiliki aroma dan rasa yang enak, juga mengandung senyawa aktif sebagai antibiotik. Zat ini dapat merangsang pertumbuhan sel tubuh, dan kaya akan vitamin A dan C, K, kalsium, protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

Daun bawang mulai tumbuh di perkebunan Cina sekitar 5.000 tahun yang lalu. Dengan kandungan nutrisinya yang baik, makan daun bawang bisa membantu menurunkan tingkat gula darah, membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan batuk dan flu, peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Sayuran ini selain harganya relatif murah juga mudah sekali busuk. Jika membeli dalam jumlah banyak, bersihkan daun bawang, biarkan akar serabutnya lekat lalu bungkus dengan plastik atau kertas. Simpan dalam lemari es. Daun bawang bisa tahan hingga seminggu. Untuk tetap mendapatkan aroma harumnya, potong atau iris daun bawang segar dan taburkan segera pada makanan. Sedangkan, untuk mengatasi gangguan perut. Rebus potongan daun bawang dengan dua gelas air selama 15 menit. Didihkan hingga tersisa satu gelas. Saring, lalu minum. Menghirup uap air rebusan tersebut juga baik untuk mereka yang terkena flu.

Sumber:

http://mazwiku.wordpress.com/tag/menurunkan-gula-darah/

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/11/12/28/lww5co-daun-bawang-apa-saja-khasiatnya

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s