Di antara istri-istri Nabi Muhammad Saw.,
Maria Al-Qibthiyah adalah sosok yang paling terlupakan dari memori umat Muslim. Padahal, dari buah cinta Rasulullah dengan Maria, lahirlah seorang putra bernama Ibrahim, putra Rasulullah satu-satunya yang lahir selepas beliau diangkat sebagai utusan Allah.
 
Maria merupakan hadiah yang diberikan oleh raja Mesir Maqauqis yang tidak mau masuk Islam pada tahun ke-6 H.Raja lalu memberikan 3 hadiah karena raja berkenan dengan jawaban utusan rosul yang mengajak ke Islam, Hathib ibn Abi Balta’ah. Raja mengirimkan keledai dan kuda putih (bughlah), 3 orang hamba sahaya perempuan, termasuk Maria Al Qibthiyah, dan dua orang lagi dihadiahkan kepada Abu Jhm Hudzaifah Al ‘Adawi dan Hasan ibn Tsabit. Raja juga mengirimkan pakaian pilihan.

Saat pertama kali melihatnya, Rasulullah Saw. terpesona dengan paras dan akhlak Maria Al-Qibthiyah, seorang wanita dari kalangan Kristen Koptik yang cantik dan anggun.
Imam Al Baladziri mengomentari Maria :

” Sebenarnya Ibunda dari Maria adalah keturunan bangsa Romawi. Maria mewarisi kecantikan ibunya sehingga memiliki kulit yang putih, berparas cantik, berpengetahuan luas, dan berambut ikal.
Rosulullah terpukau dengan kecantikannya sehingga Maria di tempatkan di rumah Haritsah ibn Al Nu’man karena Maria masih menjadi hamba sahaya nabi. Selama siang dan malam nabi menemani Maria. Akhirnya beliau mengangkat status Maria menjadi lebih baik.
Dan keterpesonaan Rasulullah kepada Maria ini membuat istri-istri yang lain merasa cemburu. Maria adalah sosok wanita yang memiliki pemahaman agama yang baik. Dia telah disucikan Allah dari prasangka buruk manusia.

Kisah cinta Rasulullah-Maria ini mengungkap dengan indah sisi-sisi romantis dalam kehidupan Rasulullah yang terlupakan.

“Belum pernah aku terpukau dengan

keelokan seorang perempuan seperti halnya keterpukauanku kepada Maria.

Rasulullah pun terpukau dengan kecantikan paras dan akhlaknya.”
—Pujian ‘A’isyah untuk Maria

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s