ABSTRAK

 

Ahmad, Tsabit Azinar, Rusmawati, dan Syaiful Amin. 2006. Kartun di Surat Kabar sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Politik Masyarakat. 34+

Keberadaan kartun di surat kabar menjadi bagian yang sudah tidak dapat dilepaskan. Kartun seolah menjadi ikon dari surat kabar tersebut. Dalam surat kabar, kartun menjadi media yang menarik, sehingga dapat memikat pembaca. Oleh karena itu, kartun dapat berperan sebagai media penyampaian pesan yang efektif. Permasalahan yang diangkat dalam karya tulis ini adalah tentang fungsi kartun sebagai media pendidikan politik bagi masyarakat, dan tentang posisi kartun sebagai media pendidikan politik di surat kabar.  Melalui karya tulis ini diharapkan dapat diketahui sebab-sebab penggunaan kartun sebagai media pendidikan politik, serta posisi kartun di surat kabar. Dengan demikian, secara teoretis karya tulis ini diharapkan bisa menjadi sebuah kajian ilmiah tentang fungsi kartun di surat kabar sebagai media pendidikan  politik masyarakat. Secara praktis, diharapkan karya tulis ini mampu memberikan pemahaman baru bagi masyarakat tentang fungsi kartun sebagai media pendewasaan sikap politik. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari berbagai surat kabar, buku, dan internet. Analisis data menggunakan model deskriptif dengan penggunaan kajian pustaka dan pengamatan sebagai pisau analisis. Pembahasan permasalahan menunjukkan bahwa kartun dapat digunakan sebagai media pencerdasan politik masyarakat. Fungsi kartun sebagai media pencerdasan politik masyarakat dikarenakan kartun berperan sebagai media pendidikan. Selain itu fungsi kartun yang kompleks, meliputi kartun sebagai berita, kartun sebagai hiburan, dan kartun sebagai kritik juga berpengaruh terhadap kecerdasan politik masyarakat. Dari fungsi tersebut dalam kartun termuat pesan yang aktual, menghibur, dan cerdas. Perpaduan fungsi kartun tersebut menjadikan kartun sebagai media pendidikan politik. Kemudian posisi kartun sebagai media pendidikan politik di surat kabar sangat strategis. Hal ini menunjang terwujudnya komunikasi serta penyampaian pesan pendidikan yang efektif. Oleh karena itu, sebagai upaya peningkatan kesadaran politik masyarakat, media kartun dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Selain itu untuk menunjang keberhasilan fungsi kartun sebagai upaya pendewasaan dan kecerdasan politik, perlu dukungan dari pihak media  massa berupa peningkatan unsur pendidikan dalam surat kabar. Selain itu bagi pemerintah hendaknya menganggapi  kritik dalam kartun secara terbuka, sehingga  terwujud keadaan ideal yang diharapkan bersama.

Kata kunci    : Kartun, Surat Kabar, Media Pendidikan, Pendidikan Politik

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s