Ini salah satu karyaku yang lolos Dikti..

Silahkan dibaca, semoga bermanfaat..

 A.    JUDUL PROGRAM

Pelatihan Pembuatan “Kristal Blewah” sebagai Usaha Alternatif untuk Memanfaatkan Blewah Menjadi Minuman Instan Kaya Gizi dan Berpotensi Ekonomis Bagi Masyarakat Demak

 B.     LATAR BELAKANG

Blewah (Cucumis melon L.convar. cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah. Namun demikian, pemanfaatannya belum optimal sehingga masih banyak blewah yang terbuang sia-sia. Apalagi pada musim panen, banyak dijumpai blewah yang kurang dimanfaatkan.

Desa Agungboyo merupakan salah satu daerah  penghasil blewah di kecamatan Karangtengah, kabupaten Demak Jawa Tengah. Selama ini, masyarakat di daerah itu belum dapat memanfaatkan blewah tersebut secara maksimal, sehingga usaha pemasaran blewah di besa Agungboyo hanya terbatas pada penjualan secara langsung dalam bentuk buah, selain itu yang sudah sering ditemui di pasaran pengolahan blewah adalah dalam pembuatan juz blewah  dan es buah. Namun belum ada pengolahan blewah  menjadi  serbuk instant.

Dengan berhasilnya program pengembangan usaha dan mentalitas usaha ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi ekonomi di Desa Agungboyo agar dapat bersaing dengan daerah lain. Program ini juga akan dapat menambah nilai jual blewah serta dapat menghasilkan kreasi produk olahan blewah yang memiliki nilai tawar lebih dan berdaya jual tinggi..

Berbekal dengan pengetahuan dan keterampilan Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini serta didukung dengan informasi dan kerjasama dengan masyarakat Desa Agungboyo dan keinginan masyarakat daerah tersebut untuk memunculkan suatu makanan kreasi baru olahan blewah yang memiliki nilai tawar lebih dan berdaya jual tinggi, kami ingin melakukan suatu program pengembangan wirausaha dan mentalitas jiwa wirausaha masyarakat tersebut untuk memiliki makanan khas tersendiri yang diharapkan dapat menjadi komoditas perdagangan daerah tersebut, dengan melakukan suatu pelatihan. Pelatihan ini akan didikuti oleh sepuluh orang yang terpilih diantara seluruh masyarakat Desa Agungboyo yang telah mengikuti Penyuluhan dan Sosialisasi kegiatan ini. Anggota masyarakat yang terpilih tersebut memenuhi kriteria sebagai kelompok masyarakat ekonomi lemah, berprofesi sebagai ibu rumahtangga yang tidak bekerja di luar rumah, memiliki pendidikan minimal SMP, serta bersedia untuk bekerjasama. Selanjutnya, dalam palatihan tersebut sepuluh orang itu akan dibagi menjadi dua kelompok

Oleh sebab itu, kami ingin melakukan suatu program pengembangan wirausaha dan mentalitas jiwa wirausaha masyarakat tersebut untuk memiliki makanan khas tersendiri yang diharapkan dapat menjadi komoditas perdagangan daerah tersebut. Berdasarkan pengamatan terhadap hal-hal terkait, maka pada Program Kreativitas Mahasiswa ini mengambil judul

Pelatihan Pembuatan “Kristal Blewah” sebagai Usaha Altenatif untuk Memanfaatkan Blewah Menjadi dalam Minuman Instan Kaya Gizi dan Berpotensi Ekonomis Bagi Masyarakat Demak

“Kristal Blewah”  merupakan nama khas yang diambil dari pengolahan blewah menjadi bentuk serbuk atau kristal-kristal halus melalui proses pengkristalan.

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s