RINGKASAN

 

Gethuk Labu Kuning Cemilan Pencegah Kangker Inovasi Baru dalam Pengolahan Labu Kuning

Ali  Shodikin,  Mualimin, Karunia Galih Permadani. 

Dosen  Pembimbing  :  Adi Nur Cahyono,  M.  Pd. 

Jurusan  Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam

Universitas Negeri Semarang

Pengolahan produk dengan pengembangan IPTEK untuk mencari bahan makanan yang merupakan kajian baru dalam bidang sains yang memiliki arti penting dalam pengembangan potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Banyak bahan makanan lokal Indonesia yang mempunyai potensi gizi dan komponen bioaktif yang baik namun belum termanfaatkan secara optimal. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat banyaknya komoditas bahan pangan yang secara langsung bisa bermanfaat bila diolah dengan baik dan professional, termasuk diantaranya labu kuning.

Labu kuning atau waluh (Cucurbita moschata) merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dan segala jenis kanker, terutama kanker prostat. Bahkan daya tahan buahnya mencapai 12 bulan, sehingga tergolong jenis buah yang memiliki daya tahan tinggi. Produksi buahnya pun sangat tinggi. Dengan penanaman secara monokultur, mampu menghasilkan tiap hektar lahan dengan kisaran 5000 tanaman dapat menghasilkan buah sekitar 50 ton per musim. Namun jumlah produksi yang tinggi tidak diimbangi dengan pemanfaatannya. Tingkat konsumsi labu kuning di Indonesia masih sangat rendah, kurang dari 5 kg per kapita per tahun.

Dari segi teksturnya, buah labu kuning memiliki tekstur yang agak lembut dan berserat. Selain itu, hasil rebusan buah ini mudah dibentuk dan melekat. Buah dengan tekstur seperti ini memungkinkan dijadikan makanan olahan sebagai gethuk.

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s