PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN SEJARAH SEBAGAI UPAYA MEMAKSIMALAKAN PEMAHAMAN SISWA

 

Syaiful Amin, Muhammad Fatkhan, Tsabit Azinar Ahmad, Rusmawati, Dewi P.

Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

 

ABSTRAK

 

Pengajaran sejarah yang selama ini dilakukan ternyata kurang memberikan manfaat yang nyata pada siswa. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa yang menyepelekan mata pelajaran sejarah. Salah satu hal yang menyebabakan hal tersebut adalah karena dalam penyapaian materi sejarah selama ini masih dilakukan dengan cara-cara konservatif yakni ceramah dan hafalan yang cenderung diulang-ulang. Padahal sejarah merupakan salah satu elemen yang penting dalam pembentukan nasionalisme atau carakter national building sehingga pelajaran sejarah amatlah penting. Oleh karena itu perlu adanya terobosan dalam pembelajaran sejarah, salah satu terobosan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.  Permasalahan yang diangkat dalam karya tulis ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah serta upaya memaksimalkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah melalui penerapan model tersebut. Dengan demikian, secara teoretis karya tulis ini diharapkan bisa menjadi sebuah kajian ilmiah tentang pemaksimalan pemahaman siswa terhadap materi sejarah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan secara praktis, diharapkan karya tulis ini mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya sejarah serta bagaimana guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di dalam kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran berbasis masalah serta hasil yang dicapai. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa lebih dapat memahami dan cenderung menyenangi materi pelajaran sejarah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini dikarenakan siswa diajak untuk melihat peristiwa-peristiwa sejarah melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sejarah bisa digunakan model pembelajaran berbasis masalah supaya hasil yang diperoleh dari pelajaran sejarah bisa maksimal.

 

Kata kunci :  Pelajaran Sejarah, Pamahaman Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah

 

 

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s