Gusi bengkak jika tidak di perhatikan dengan secepatnya, bisa menyebabkan radang tenggorokan dan selera makan pun bisa hilang akibat penyakit ini. Maka dari itu faktor kebersihan gigi dan mulut selalu senantiasa di jaga.

Gusi yang bengkak akan menimbulkan rasa sakit yang terus-menerus dan memerlukan bantuan dokter gigi untuk mengatasinya. Tetapi Anda juga dapat mengatasi gusi yang bengkak dengan pengobatan tradisional rumahan yang alami.

 

Berikut 7 cara alami untuk mengatasi gusi yang bengkak :

  • Berkumur dengan air garam yang hangat.

Berkumur dengan air hangat dapat membatu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Bantuan ini hanya dapat mengurangi rasa sakit selama beberapa jam saja, sehingga Anda harus berkumur lagi jika gusi kembali terasa sakit. Campurkan garam dalam air hangat karena garam merupakan zat yang paling umum digunakan untuk berkumur. Setelah berkumur dengan air garam, selalu bilas mulut dengan air segar.

  • Gunakan obat kumur alami buatan sendiri.

Anda dapat mempersiapkan obat kumur sendiri di rumah untuk mengobati sakit gusi. Gunakan air dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda untuk obat kumur alami. Berkumur dengan campuran ini dapat mencegah sakit gusi. Lakukan beberapa kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.

  • Minum lebih banyak air.

Minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak agar mulut dapat memproduksi air liur lebih banyak juga. Selain berfungsi dalam hal pencernaan, air liur dapat berfungsi membunuh bakteri dalam mulut. Air minum juga akan membersihkan mulut dari bakteri dengan sendirinya. Jadi, sering-seringlah minum air ketika gusi sedang sakit.

  • Memijat gusi.

Coklat hitam atau kapsul vitamin E dapat di gunakan untuk memijat untuk meringankan sakit gusi. Pijatlah gusi yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih. Gosoklah gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Dengan memberikan pijatan pada gusi, sirkulasi darah akan meningkat dan dapat membantu dalam penyembuhan.

  • Modifikasi diet.

Cegah rasa sakit pada gusi dengan menghindari makan makanan yang menempel pada gusi dan dapat membangun plak, seperti roti putih. Sebaliknya pilihlah makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti sayuran segar dan buah-buahan. Perubahan dalam diet alami dapat menenangkan gusi, apalagi jika mengandung banyak vitamin yang baik untuk penyembuhan dan kesehatan gizi.

  • Menyikat gigi secara teratur.

Gunakan sikat berbulu sedang untuk menyikat gigi secara teratur dua kali sehari. Menjaga kebersihan gigi dn mulut dapat meningkatkan kesehatan gusi.

  • Menerapkan minyak cengkeh.

Minyak cengkeh adalah obat-obatan tradisional yang populer untuk mengobati infeksi gusi. Terapkan pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakannya.

Sumber: http://www.kedokterangigi.net/594/7-cara-alami-untuk-mengatasi-gusi-bengkak.html

BACA JUGA:

About maryaqibtiy

I'm a girl. I had never been to school in Semarang State University majoring in mathematics S1. Currently, I work at Al Madina Islamic elementary school , as a math teacher..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s